BINGKAI BISNIS (BUSINESS MAINFRAME) (part 1)

1

Bagaimana memulai bisnis? Apa yang perlu dipikirkan? Kita sering mendapat ide bisnis tapi selalu terbentur bagaimana hendak memulai dan mewujudkan suatu bisnis?!

 

Orang sukses mengatakan untuk mulai bisnis jangan banyak perhitungan, jalani dengan berani, tekun dan ulet pasti ketemu jalan. Tidak berhasil dalam bisnis dan jatuh sekali harus bangun dua kali. Jatuh 10x bangunlah 11x. Saat berhenti jatuh bangun itu sudah nasibnya. Bayi belajar jalan tidak terhitung jatuh bangun, saat bayi tidak mampu bangun lagi mungkin nasibnya sukar untuk bisa berjalan. Tapi tentunya ada hal-hal tertentu yang mesti diperhitungkan agar mengurangi jatuh bangun ini atau setidaknya mendapat pelajaran dari jatuh bangun berbisnis.

 

Mengambil dari buku Seni Berperang (Art of War) karya Sun Tzu. Jika bisnis ibarat seperti perang juga tidak sekejam perang. Jatuh bangun dalam bisnis sudah biasa, setiap orang sukses hampir pasti pernah jatuh bangun dalam bisnis. Dalam perang menang dan kalah menentukan nasib banyak orang dan merupakan persoalan hidup mati suatu negara sehingga menurut Sun Tzu dalam perang ada 5 faktor utama yang harus diperhitungkan sebelum berperang. Berdasar pada pandangan faktor-faktor inilah sebagai kerangka berpikir bisnis (business mainframe), apa saja yang perlu diperhitungkan sebelum kita memulai sebuah bisnis?

 

5 Faktor tersebut :

  1. Tao              道        (the Moral Law)
  2. Thien           天       (Heaven)
  3. Tie               地        (Earth)
  4. Ren             人        (People/the Commander)
  5. Fak              法        (Method/Art and Discipline)

 

Tao  道 (the Moral Law), Tao Li 道理 (prinsip)

 

Tao disini menjelaskan prinsip-prinsip bisnis. Secara sederhana seperti hukum dagang (jual dan beli), istilah populer dan sederhana “ada ceng li 真理 nya”.

 

Beberapa tahun lalu USA melancarkan perang / agresi militer ke Iraq dengan alasan ada senjata pemusnah massal. Hal ini menjadi perdebatan dan polemik global sampai saat ini karena hal tersebut tidak terbukti. Alasan dibalik agresi militer menjadi kabur sehingga muncul alasan-alasan politis lain seperti alasan sumber minyak dan sebagainya. Kenapa hal ini terjadi? Karena alasan agresi militer ini tidak berdasar kuat, contoh dari Seni Perang Sun Tzu, perang tersebut tidak ada Tao Li.

 

Orang menjual air karena diperlukan manusia dalam kehidupan. Air sudah disediakan oleh alam secara gratis. Namun air dikemas dalam botol plastik dijual lebih mahal dari bensin. Kenapa hal ini bisa terjadi ? Karena yang dijual adalah “praktis/kemudahan, gampang dibawa/mobility, higienis”. Ini adalah ceng li / prinsipnya kenapa air kemasan terjual dan menjadi produk umum. Saat 100 tahun lalu mana ada orang menjual air? Mau minum air tinggal ambil dari sumber air, dimasak ataupun tidak, diminum, terpenuhilah kebutuhan akan air minum. Di saat jaman modern ini, butuh air minum agak susah, manusia mencari kemudahan dengan membeli air kemasan, tinggal “blup” tancap sedotan terus minum. Jika orang menjual air kemasan 100 tahun lalu tidak akan laku karena belum ada ceng li nya, mau minum air masih sangat mudah. Begitupun kenapa “teh dalam botol” bisa laku terjual ini ada ceng li nya.

 

Apa itu bisnis? Apa itu ide bisnis? Bisnis pengertian sederhana adalah suatu proses cara mendapatkan keuntungan, atau proses melipat gandakan modal, output nya bisa bermacam-macam, salah satu yang umum adalah uang. Dasar terbentuknya suatu bisnis bisa dari adanya kebutuhan dan penawaran. Ide bisnis biasanya timbul saat seseorang memerlukan barang atau jasa tertentu. Misalnya saat membayar / membeli produk tertentu. Atau dalam kehidupan sehari-hari membutuhkan jasa tertentu karena ingin memanfaatkan waktu dengan lebih baik. Contoh : saat seorang koki memasak makanan yang ternyata enak, banyak dipuji dan disukai banyak orang, berawal dari sini muncul ide untuk menjual makanan ini.

Contoh lain : saat hendak mengurus surat perpanjangan STNK, karena tidak mengerti dan menjadi kerepotan atau tidak punya waktu luang sehingga muncul ide alangkah baiknya jika ada biro jasa yang membantu pengurusan hal seperti ini. Jadi ada kalanya membantu orang itu dikemudian hari akan menjadi bisnis anda karena sudah pada dasarnya membantu orang lain dengan sungguh dan hati tulus pasti ada nilai baik. Kung Tek Wu Liang 功德无量 disini sering muncul dan terlihat nyata.

 

Ide kreatif tidak ada cara, teknik atau alat/tools untuk memunculkannya. Karena itu yang paling berharga saat memulai sebuah bisnis adalah sebuah IDE (VISION). Ide bisnis adalah nyata dan tidak bisa palsu atau ditiru dipalsukan. Karena hal ini maka ide merupakan hal pertama dan terpenting dalam suatu bisnis. Kalau bisnis tidak ada ceng li nya sebuah bisnis pasti tidak akan jalan. Ide bisnis bisa berubah sesuai waktu, tetapi sebuah bisnis tetap akan mengikuti 1 ide bisnis.

 

Ide bisa berawal dari kejadian baik dan buruk. Dari makan enak ataupun sedang sakit menderita. Ide yang baik itu mesti dijalankan walaupun belum tahu hasilnya baik ataupun buruk. 100 orang bisa mempunyai ide bisnis yang sama, namun 1 orang yang berhasil mewujudkannya yang akan menjadi pencetus ide sejati bisnis tersebut.

 

Sebagai contoh : manusia menciptakan kertas, ide dasarnya sebagai media untuk tulis menulis, tapi suatu waktu di jaman dulu di China, ada seorang saudagar yang mempunyai cukup banyak kertas di gudang belum laku, entah dari mana idenya saudagar ini membuat kertas itu dipotong kotak kecil diberi cat ditengah warna merah/perak/emas kemudian dijual sebagai bakar-bakaran pada saat kedukaan menggantikan uang jaman dahulu. Ide ini mungkin bermula dari ketahyulan untuk mengirim uang ke dunia akhirat dan dari penawaran ini akhirnya sudah menjadi bisnis yang sudah ada permintaan dan penawarannya (supply and demand) saat ini. Bisnis ini karena sudah umum sekarang apapun dibuat dari kertas untuk dibakar buat dunia akhirat. Seandainya pada waktu itu saudagar ini tidak dapat mewujudkan bisnis ini mungkin hanya dikatakan sebagai “ide gila”. Mungkin ceng li nya berawal dari ketahyulan, karena sejak dahulu sampai sekarang manusia masih suka mengirim sesuatu ke alam akhirat demi sanak saudara yang meninggal. Dikemudian hari orang akan membuat makanan palsu buat dipersembahkan ke leluhur ataupun dibakar untuk dunia akhirat, malah mungkin sudah ada tetapi belum populer, karena makanan masih belum barang langka dan makanan persembahan ini masih juga dimakan bagi orang hidup. Bukan tidak mungkin jika makanan sudah menjadi barang langka sehinga dibuat palsunya buat persembahan kiriman ke akhirat. Seperti ide dasar kertas uang emas dibakar yaitu menggantikan uang sebenarnya. Ini ceng li nya bakar-bakaran kertas. Kalau kemudian ide dasarnya bergeser sampai ke semua benda dari rumah, pesawat, handphone dan sebagainya, prinsip dasarnya yaitu “memalsukan benda nyata untuk dunia tidak nyata”.

 

(bersambung . . .

May 16, 2013 |

One thought on “BINGKAI BISNIS (BUSINESS MAINFRAME) (part 1)

  1. […] Sebuah bisnis harus ada faktor Tao, Tao Li, ceng li nya , kewajarannya. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar