Menggunakan Media Postcard untuk Marketing

0

By : Mirianto

 

Bagi kita semua tentu sudah tahu apa yang disebut kartu pos / postcard. Yah postcard biasa kita kirimkan kepada saudara, family dan sahabat kita. Tujuan kita mengirimkan postcard adalah untuk mengucapkan Selamat Ulang Tahun ataupun Ucapan-Ucapan perayaan lainnya, seperti Ucapan Imlek, dll. Selain itu juga, postcard lazim dijadikan koleksi. Misalnya kita jalan-jalan berwisata ke suatu Negara, seringkali kita membeli postcard di Negara itu sebagai bentuk bukti bahwa kita telah mengunjungi Negara yang bersangkutan.

 

Postcard juga digunakan untuk saling berkenalan dengan teman di Negara yang berbeda, atau yang sering disebut juga dengan friendpal atau penpal. Postcard ini biasa dikirim untuk berkenalan dan menjadikan koleksi juga kalau kita punya teman dari Negara seberang.

 

Namun sayagnya di era teknologi maju ini, kegiatan untuk saling mengirim postcard ini sudah jarang atau bahkan tidak ada lagi. Sejak mulai era internet, orang mulai mengucapkan pesan tidak lagi melalui surat atau postcard, melainkan melalui email atau SMS. Bahkan di zaman yang semakin modern ini, ucapan selamat bisa dikirimkan melalui aplikasi messaging seperti Blackberry Messenger, Whatsapp, Line, WeChat dan aplikasi lainnya yang semakin lama semakin menjamur.

 

Namun, jika kita mau berpikir sedikit lebih kreatif, postcard ini sebenarnya masih bisa kita gunakan. Terutama untuk menunjang usaha kita, misalnya untuk marketing. Dengan mengirimkan postcard ini, kita bisa menunjukkan kepedulian/apresiasi kita kepada customer kita, karena dengan postcard banyak sekali hal-hal yang berhubungan dengan marketing bisa kita lakukan, misalnya antara lain :

  • Mengirimkan ucapan terima kasih kita, dikarenakan telah memakai produk kita, atau menjadi customer setia dari produk yang kita jual.
  • Bisa berupa kalendar tahunan, sehingga postcard yang kita kirimkan, minimal akan dipasang di dinding atau di meja kerja customer kita dan selalu mengingatkan customer akan produk atau perusahaan kita.
  • Mengucapkan Selamat Ulang Tahun kepada customer kita. Memang kita bisa mengirimkannya lewat email, akan tetapi akan lebih efektif lagi kalau kita mengirimkan berupa postcard, karena customer akan merasa lebih dihargai dikirimkan ucapan selamat melalui postcard, dibandingkan hanya melalui email yang mungkin hanya akan dilewatkan, jarang dibuka emailnya atau bahkan lebih parah masuk ke kotak SPAM yang artinya ucapan selamat kita diabaikan.
  • Menyelipkan program promosi / discount yang ada setiap bulannya, sehingga customer kita akan selalu menyimpanya dan melihat tiap bulan “ada promosi apa sih sekarang dari produk kita?” Terlebih lagi jika kita mengirmkan “program promosi / voucher” itu berbarengan dengan postcard ucapan Selamat Ulang Tahun, customer akan merasa mereka mendapatkan hadiah dari kita di hari jadi mereka.

 

Nah, demikianlah kira-kira hal yang dapat kita lakukan dengan postcard saat ini. Jadi sebenarnya era postcard masih belum akan berakhir, asalkan kita tahu bagaimana cara memanfaatkan postcard itu dengan baik dan benar.

 

Postcard juga bisa kita design sendiri sesuai dengan kreativitas kita, sehingga postcard kita tampak berbeda dengan yang dijual pada umumnya. Sehingga customer yang menerima postcard kita juga akan merasa tertarik setelah melihatnya dan tidak sekedar dibuang. Yang harus dipastikan adalah, setiap postcard yang kita kirimkan ke customer kita harus mempunya arti dari sisi apapun, sehingga tidak menjadi sia-sia nantinya.

 

Jangan lupa juga untuk menyelipkan informasi mengenai promosi. Dan yang terpenting adalah bagaimana cara customer menghubungi kita, walaupun mereka sudah tahu. Baik itu alamat kita, nomor kontak customer service, email, alamat website, facebook, atau twitter lainnya. Atau bahkan dengan membuat QR Code yang ketika difoto dengan smartphoine akan membka ke halaman promosi di website ktia. Tujuannya ialah, supaya membuat customer penasaran dan langsung ingin cari tahu, dan ketika mereka sudah ingin cari tahu sudah tahu harus cari kemana.

November 12, 2014 |

Leave a Reply

Skip to toolbar